Cari Blog Ini

Senin, 22 Februari 2010






karir dan pekerjaan




Hakikat karir, kerja, okupasi adalah
Ø Karir adalah totalitas kerja, jabatan dan kedudukan seseorang seumur hidupnya yang mengarah pada kehidupan dunia kerjadan menuntut suatu keprofesionalan di samping produktivitas.
v Unsur-unsur karir adalah:
1. Pekerjaan itu merupakan pilihan sendiri.
2. Menghasilkan dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
3. Normatif.

Contoh:
Seorang akuntan bekerja di sebuah perusahaan. Sebelumnya ia belajar di jurusan akuntansi. Setelah ia lulus dan menjadi seorang akuntan, ia bekerja di perusahaan tsb sesuai dengan apa yang di cita-citakannya. Dari karir yang di jalaninya sekarang ia tidak saja bermanfaat bagi orng lain, tapi ia juiga mendapakan kepuasan batin

Ø Kerja adalah suatu totalitas jabatan, dan kedudukan seseorang yang lebih mengutamakan produktivitas, tanpa menuntut suatu keprofesionalan dalam bekerja.
v Unsur-unsur dalam kerja:
1. Merupakan pilihan sendiri dan mungkin karna ada unsur keterpaksaan materialisme.
2. Tidak terlalu menuntut keprofesionalan, tapi lebih mementingkan produktivitas.

Contoh;
Seorang buruh angkat yang bekerja di pelabuhan. Ia menggeluti pekerjaan itu atas dasar materi. Apabila ia tidak bekeja sebagai buruh, maka ia dan keluarganya hidup dalam keadaan miskin. Jadi ia terpaksa menggeluti pekerjaan itu atas dasar materi.

Ø Okupasi adalah suatu rangkaian pekerjaan yang di geluti seseorang di pengaruhi oleh persepsi, nilai-nilai, cara pandang, hobi dan latihan.
v Unsur-unsur dalam okupasi:
1. Pekerjaan di pilih sendiri
2. Dipengaruhi oleh faktor minat, bakat, hasil belajar, ciri kepribadian, dan latihan.
3. Menghasilkan.
4. Bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain.
Contoh:
Seorang montir bekerja di sebuah bengkel. Dulunya ia seorang murid STM. Ia sering belajar dan latihan pada luar jam sekolahnya, karna ia memang hobi dengan sesuatu yang berhubungan dengan mesin. Dari pekerjaannya itu ia mendapat kepuasan apabila ia menyelesaikan pekerjaannya.
II.
Teori yang berpengaruh dalam perkembangan krir seseorang adalah:
Teori frait and factor
Teori trait and factor memandang orang sebagai suatu organisasi kepasisitas –kapasitas dan sifat lainnya yang dapat diakui dan dihubungkan dengan persyaratan-persaratan Program latihan atau okupasi. Atas dasar informasi yang diperoleh secara empiris tentang perbedaan-perbedaan trait and factor lebih deskriptif pengaruh-pengaruh nya terhadap pilihan dari pada bersifat menjelaskan perkembangan karir.
Jadi dapat diartikan pada teori, trait and factor, ibndividu dilihat sebagai suatu pola sifat-sifat kepribadia, dll dapat disesuaikan dengan pekerjaan/karirnya
Teori Holland
Holland berpendapat bahwa kapan individu memiliki sedikit pengetahuan tentang suatu lokasi tertentu, maka stereotip yang ia pegang menampakan informasi tentang dirinya jadi pekerjaan/karir itu merupakan pernyataan keperibadian seseorang, pilihan karir itu berasal dari lingkungan kerja dan interaksi individu dengan lingkungannya.

Konsep teori Life span yang dikemukakan oleh super adalah :
Bahwa kerja itu adalah perwujudan diri individu artinya orang yang mempunyai konsep diri dan menerapkan konsep dirinya yang memilih pekerjaan dan mencocokan konsep diri dengan tuntutan lingkungan.

Teori anne-Roe tentang karir adalah
Bahwa latar belakang genetiuk individu mendasari kemampuan-kemampuan dan minat-minat yang pada gilirannya berhubungan pilihan vikasional. Selanjutnya tiap individu dalam menggunakan energi psikisnya tida seperlunya berada di bawah kontrolnya, dan penggunaan energi yang tidak disengaja ini, agaknya ditentukan secara genetik, berpengaruh dalam perkembangan kemampuan individu. Teori pilihan karir lebih khusus bagi di dasarkan pada kebutuhan, psikologis yaitu interaksi awal anak dan orang tua, pandnagan teori ini dipengaruhi oleh teori kebutuhan maslow.
Contoh :
Seorang anak akan lebih bebas memilih karirnya apabila kebutuhannya telah terpenuhi pada masa-masa perkembangannya, baik kebutuhan fisiologis, raja aman dan kasih sayang. Maka terbentuklah suatu konsep dalam dirinya sesuatu yang positif dan ia pembebas mengembangkan karirnya sesuai minat dan bakatnya yang kemudian akan menjadi suatu kemampuan baginya.
Teori-teori khusus karir :
Teori psikoanalisa
Konsep dasar dari teori ini yaitu bahwa orang bekejra adalah sebagai suatu metode infla dan memperlancar penyaluran keinginannya. Di mana pemilihan karir berakar pada dimensi-dimensi kebuthan yang memuaskan dirinya dan kebutuhan sadar.


Karakteristik teori psikoanalisa adalah :
1. Pemilihan pekerjaan berurat akar pada dimensi-dimensi kebuthhan individu
2. Dapat kepribadian individu terbnetuk umur 0-5 tahun
3. pengalaman masa lampau mempunyai pengaruh yang besar pada pemilihan karir seseorang
Erikson mengembangkan teori psikoanalisis dalam konsep manusia secara luas dia tidak hanya mengembangkan teori dari satu konsep saja, tetapi dia telah banyak mengombinasikan teori-teori tertentu seperti dari teori dari satu konsep saja, tetapi dia lebih banyak mengkombinasikan teori-teori tertentu seperti dari teori Thailand, Bordin, Melen, Tiademen. Pada seperti perkembangan ego terjadi krisis. Apabila dalam setiap tahap perkembangan individu dapat melalui krisis yang ada maka hal ini akan menambah kemampuan individu. Dengan kata lain kemmapuan bernegosiasi individu tergantung kepada kemampuan individu bernegosisasi sebelumnya. Hal ini sangta mempenegaruhi perkembanagn kariri seseorang.
Teori behavior
Konsep dasar dalam teori ini membahas tentang teori belajar yaitu teori ini membahas tentang teori belajar sosial oleh Bandaro dimana pribadi dan lingkungan sebagai penentu faktor keputusan orang tentang karir. Didalam lingkungan termasuk lingkungan kejra, syarat kerja dan sebagainya kepribdain dan tingkah laku orang itu lebih merupakan hasil belajar, ketimbang pembawaaan ada empat faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan karir, yaitu faktor lingkunagn, faktor genetik, faktor belajar dan faktor keterampilan menghadapi masalah tugas.
Karakteristik teori behavior adalah :
4. Pemilihan pekerjaan dapat digambarkan sebagai proses perpaduan antara kecendrungan dan harapan agar dapat menerima bermacam-macam pekerjaan
5. Perlu adanya perencnanan pad asetiap individu dan perlu adanya, keputusan yang cepat diambil individu dan agar terjadi penyempitan rintangan-rintangan yang mempengaruhi pekerjaan.
6. Para pekerja dalam memilih pekerjaan harus melalui prosedur dengan syarat-syarat hterntu dan hak pemililh pekerja harus melalui prosedur dengan syara-syarat tertentu pula.

contoh sebuah pekerjaan

Nama Pekerjaan
Badan meteorology dan geofisika









B. Deskripsi pekerjan
BMG mempunyai status sebuah lembaga Pemerintahan Non Departemen, dipimpin oleh seorang kepala badan.BMG mempunyai tugas: melaksanakan tugas pemerintahan di bidang meteorology, klimatologi kualitas udara, dan geofisika sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Bidang-bidang yang di tangani BMG berupa:
Gempa Bumi
Pada bidang gempa bumi dapat seperti pengiriman data gempa bumi terakhir secara otomatis melalui E-Mail.
Bidang Gaya Berat
Hasil kegiatan bidang gaya berat di publikasikan dalam bentuk almanak BMG.
Tanda Waktu
Pada bidang tanda waktu memuat hasil
informasi
hari besar keagamaan, kalender Masehi, kalender Hijriah, kalender Jawa, kalender Cina, kedudukan matahari, Fase-fase bulan, gerhana matahari, gerhana bulan, dll

C.Kualifikasi Pendidikan
Pegawai Badan Metorologi dan Geofisika berasal dari taruna/ taruni akademi meteorologi dan geofisika. Untuk memasuki akademi ini mempunyai persyaratan: ijazah SMU/Madrasah Aliyah jurusan IPA, atau SMK jurusan listrik atau elektro.
D. Status
Berdasarkan peraturan BMG mempunyai status sebuah lembaga PemerintahanNon Departemen(LPND).
E. Penghasilan
Penghasilan cukup memuaskan. lebih kurang berkisar mulai dari 2 jutaan.

F. Prospek Karier
Karir ini cukup prospektif.

G. Prosedur
Sebelum bekerja di sini harus dididik terlebih dahulu sebagai taruna/ taruni Akademi Meteorologi dan Geofisika.Dengan persyaratan:
Berwarga Negara Indonesia
Usia maximum 23tahun.
Belum menikah selama masa didikan.
Tinggi minimal 163 pria, dan 155 wanita.
Telah lulus dari tingkatan SMU.
Sanggup di tempatkan di mana saja.